Senin, 09 Mei 2016

Tingkat moderenisasi sebuah bangsa bisa dikatakan berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet, jumlah populasi kaum dewasa, danjuga tingkat pendidikan masyarakat sebuah bangsa pada umumnya.
penggunaan internet di Indonesia ini semakin berkembang pesat, sepertinya dimulai ketika masuknya berbagai jenis smartphone dengan harga yang kompetitif masuk ke pasar indonesia. Namun, tidak dipungkiri internet sebenarnya sudah masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000-an. Tingkat kecepatan atau batwitch berbagai operator diIndonesia juga mulai memasuki 4G (four Generation) yangmana teknologi ini diklaim yang paling cepat diIndonesia sampai saat ini.

Keberadaan internet dengan kecepatan yang semakin baik ini tentunya menyebabkan perubahan gaya hidup pada masyarakat berbagai elemen. misalnya seperti :

  • Tingkat membaca berita koran (dalam bentuk fisik) mulai terlihat kurang diminati masyarakat, karena kini masyarakat lebih memilik membaca koran dalam bentuk digital.
  • Komunikasi dan interaksi masyarakat semakin besar pada dunia maya / internet, akibat semakin tingginya pengguna smartphone yang mempermudah akses kedunia maya, ditambah kecepatan internet di berbagai daerah diIndonesia yang semakin baik.
  • Tingkat jual - beli secara online lebih dominan atau semakin diminati masyarakat akibat kemudahannya dalam melakukan transaksi, danjuga kecepatan transaksi yang ontime.
Dari ketiga perubahan gaya hidup masyarakat diatas,
pembahasan khusus pada artikel ini akan lebih mendalam kepada transaksi online yang semakin diminati dan tumbuh pada masyarakat indonesia.

Menurut data kementrian Komunikasi dan Informasi Indonesia (kominfo), jumlah pengguna internet diIndonesia diperkirakan akan terus melonjak berkisar 10 juta jiwa setiap tahunya.

Tentu hal ini juga akan meningkatkan peluang melakukan transaksi jual - beli secara online yang dilakukan masyarakat indonesia. Semakin tingginya transaksi jual - beli yang dilakukan secara online pastinya akan meningkatkan pula peluang kejahatan yang mungkin timbul dalam setiap transaksi yang terjadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pentingnya keamanan sebuah akun, dan pengetahuan masyarakat dalam dunia digital diharap mampu menjadikan penangkal yang terbaik dalam melakukan setiap transaksi jual - beli online.
Beberapa jenis kejahatan pada transaksi online yang biasa terjadi pada masyarakat Indonesia diantaranya :
  1. Website aspal (palsu) yang tampilannya menyerupai website resmi kerap kali digunakan untuk mengelabui pengguna dalam melakukan transaksi online
  2. Virus trojan dan sebagainya yang biasa disematkan pada sebuah website yang secara otomatis atau manual terunduh pada perangkat digital pengguna / pengunjung website tersebut, yang bertujuan mengambil seluruh data pribadi pengguna, seperti akun kartukredit, data perbankan, akun resmi, dsb
Dari contoh kejahatan diatas, sangat dibutuhkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya sebuah akun digital, yangmana bisa digunakan untuk melakukan transaksi online ke berbagai penjuru dunia dengan atau tanpa jejak yang bisa ditelusuri oleh pihak berwajib karena kerap kali disalah gunakan ketika pengguna melakukan transaksi online pada website yang belum jelas keamanannya.

Pentingnya keamanan sebuah website penyedia transaksi yang mengamankan data para penggunanya, dan setiap transaksi jual - beli yang dilakukan, sangat menjadi pilihan utama dalam melakukan setiap transaksi online.

Paybill Indonesia, menjadi salah satu website resmi yang bisa katakan memiliki keamanan ganda dan terjamin dalam setiap transaksi yang dilakukannya. Paybill Indonesia merupakan salah satu perusahaan start-up baru, yang sedang berkembang dan bergerak pada bidang e-notification, e-billing dan e-payment. Paybill Indonesia menjadi solusi keamanan masyarakat indonesia modern yang membutuhkan keamanan dan kerahasiaan data pelanggan dalam melakukan transaksi online.

Payblill Indonesia, memfokuskan pangsa pasar pada bidang pembayaran berbagai tagihan rutin, penjualan berbagai voucer pulsa dan game online yang tersedia di indonesia misalnya seperti :
  • Pembayaran tagihan air (PDAM / PALYJA).
  • Pembayaran tagihan listrik (PLN).
  • Pembayaran tagihan gas (PGN).
  • Pembayaran tagihan telepon rumah / internet berlangganan (Speedy).
  • Pembayaran berbagai kredit kendaraan bermotor.
  • Pembayaran berbagai tagihan televisi berlangganan.
  • Pembelian voucer pulsa berbagai operator.
  • Pembelian voucer game online.
Keunggulan utama yang diberikan oleh paybill Indonesia adalah JAMINAN KEAMANAN TRANSAKSI yangmana keamanan ini dibuktikan dengan penerapan ISO 8583 dan kepemilikan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) dari Digicert oleh Paybill Indonesia
Pentingnya keamanan sebuah transaksi online tentunya menjadi pilihan utama dalam setiap transaksi yang dilakkan pada dunia maya, yangmana dengan jaminan keamanan transaksi sebuah layanan menjadikan data pengguna akan dijaga secara utuh dan rahasia, sehingga terhindar dari berbagai kejahatan yangmungkin bisa terjadi dalam melakukan transaksi online.

ISO 8583 (International Standarization for Standarization) adalah standar mutu internasional yang dikhususkan untuk keamanan setiap transaksi jual - beli yang terjadi dalam sebuah perusahaan penyedia transaksi digital atau perbankan. Standar ini kerap digunakan pada dunia perbankan demi mengamankan setiap terjadinya transaksi, yangmana setiap transaksi yang terjadi akan terekam. Sehingga menghindari adanya kesalahan dan kebocoran informasi yang mungkin timbul.
Kepemilikan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) dari Digicert oleh paybill Indonesia adalah
Teknologi keamanan standar yang digunakan untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien yang disebut website, browser, email server. Teknologi keamanan ini memungkinkan informasi sensitif seperti akun perbankan, nomor kartu kredit, akun pelanggan akan terlogin secara aman.
Karena biasanya para penjahat dunia maya kerap menggunanan penyadapan terhadap data yang dikirim antara browser dan server web dalam bentuk teks yang sangat rentan tersadap, sehingga penjahat dunia maya bisa melihat dan menggunakan data tersebut untuk digunakan sebagai penyamaran menjadi "anda" pada dunia maya.

kemudahan transaksi yang bisa dilakukan lewat paybill Indonesia ini, memiliki 2 pilihan dalam melakukan transaksinya yakni :
  1. Melalui website resmi paybill Indonesia
  2. Melalui aplikasi mobile paybill Indonesia (silahkan unduh via Google playstore)
Semua transaksi online yang dilakukan baik melalui website ataupun aplikasi mobile paybill Indonesia memiliki keamanan transaksi yang sama. Kemudahan dalam pembayaran transaksi lewat paybill Indonesia juga merupakan  salah satu kehandalannya lho. Yangmana pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran tagihan atau pembelian voucer melalui akun perbankan online yang bisa dilakukan secara langsung.
Keunggulan lain yang diberikan jika kalian melakukan pembayaran berbagai tagihan dan pembelian berbagai voucer selain KEAMANAN TRANSAKSI antara lain :

  • Biaya yang timbul dalam pembayaran tagihan dan pembelian voucer lebih MURAH.
    Ini artinya kalian akan lebih HEMAT jika melakukan berbagai pembayaran dan pembelian berbagai voucer lewat paybill, karena harga yang diberikan jauh lebih murah ketimbang kalian beli dan bayar lewat agen lho.
  • Proses transaksi yang SINGKAT atau ontime
    ini artinya kalian tidak perlu repot-repot antri dan keluar rumah untuk melakukan pembayaran tagihan atau pembelian voucer. karena lewat paybill kalian bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja, selama koneksi internet kalian memadai.
  • NOTIFIKASI pengingat tagihan bulanan
    ini artinya kalian akan diingatkan kapan jadwal melakukan pembayaran tagihan, sehingga terhindar dari yang namanya DENDA
  • 1 (satu) akun bisa bayar berbagai tagihan
    ini artinya hanya butuh 1(satu) akun untuk membayar berbagai tagihan kalian, sehingga tidak repot-repot untuk mengingat pasword. dan bukti keberhasilan pembayaranakan dikirim dalam bentuk SMS dan Email.
  • Berbagai metode pembayaran LENGKAP
    ini artinya pembayaran tidak hanya dapat dilakukan menggunakan akun perbankan, melainkan bisa melalui kartukredit, e-money, e-commerce banking, dsb.
  • GRATIS biaya pendaftaran
    ini artinya kalian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk mendaftarkan akun untuk dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan dan pembelian voucer.
Untuk kalian yang mulai tertarik melakukan transaksi pembayaran tagihan dan pembelian voucer online lewat paybill Indonesia, silahkan simak vidio dibawah ya!
Sekian informasi yang dibuat diperuntukan untuk kalian para pengguna internet yang rajin bertransaksi online akan kebutuhan pengetahuan akan pentingnyakeamanan dalam bertransaksi online.
Tulisan ini di ikutsertakan dalam perlombaan blog competition oleh Paybill Indonesia

2 komentar:

  1. Lengkap banget mba infonya, tapi apa itu benar Paybill anak perusahaan dari Lazada? Soalnya setau saya, Paybill itu dari PBC Technology, dengernya PBC itu yg bikin sistem ATM Bersama. Tapi, artikelnya lengkap banget mba, saya jadi pengen bayar pake Paybill. Tq mba....Semoga menang ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh..iyayah, salah mengartikan maksud berarti sayanyah pas baca-baca tentang paybill ini!..hihihihi

      Hapus